Friday, September 29, 2017

Pengolah kata merupakan aplikasi yang diperlukan hampir oleh setiap orang. Dari sekian banyak aplikasi pengolah kata yang paling populer dan dipakai banyak orang adalah microsoft word dari microsoft corporation. Selain microsoft word ada banyak aplikasi pengolah kata diantaranya Lotus Word Pro, Ez Word, Abiword, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork pages, dan lain-lain baik yang berbasis windows, linux, macintosh, IOS, maupun Android. Pada bank soal teknologi perkantoran ini hanya akan dibahas penggunaan aplikasi pengolah kata dengan menggunakan microsoft word 2016 yang merupakan family atau keluarga dari microsoft office 2016.



Bank soal teknologi perkantoran ini disesuaikan dengan kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sudah barang tentu disesuaikan pula dengan indikator pencapaian kompetensi atau IPK dan materi pokok yang terdapat dalam silabus teknologi perkantoran terbaru.

Bank soal ini terbagi menjadi dua bagian, klik link ini untuk membuka bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 2.

Soal pilihan ganda kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata
1.        Aplikasi pengolah kata selain microsoft word adalah
a.     Lotus Word Pro, Ez Word, Abiword, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork pages
b.   Lotus Word Pro, Ez Word, Corel Word Perpect, Seaword, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork pages
c.    Lotus Word Pro, Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork keynotes
d.   Lotus Word Pro, Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork number
e.  Lotus Word Pro, Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office calc, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword, iwork pages

2.        Perhatikan gambar dibawah ini!


Berdasarkan pada gambar di atas panah nomor 1 menunjukan sebuah logo, logo atau gambar supaya bisa diatur untuk kop surat tersebut pada pengaturan wrap text yang paling tepat adalah pilih ...
a.      inline with text
b.      in front of text, dan tight
c.       behind text
d.      bottom, dan Top and bottom
e.       through, dan square

3.       Masih pada gambar soal nomor 2 tersebut diatas, panah nomor 2 menunjukan garis pemisah antara kepala surat/kop surat dengan isi surat. Pada MS. Word 2016 garis tersebut agar tepat sesuai dengan margin maka digunakan pengaturan ...
a.       menu Designpage bordersborders – pilih stylepreview – klik OK
b.      menu Designpage borderspage border – pilih stylepreview – klik OK
c.       menu Designpage borders shading – pilih stylepreview – klik OK
d.      menu Designpage colorpage border – pilih stylepreview – klik OK
e.       menu Designpage color– pilih warna hitam - klik OK

4.      Lihat pada gambar soal nomor 2 diatas, tanda panah nomor 3 menunjukan gambar telepon yang dibuat menggunakan...
a.       insertficture – gambar telepon - ok
b.      insertsymbolmore symbol - font wingdings – gambar telefon - klik insert
c.       insertficturesymbol – gambar telefon – ok
d.      insertsymbolmore symbolarial – gambar telefon – klik insert
e.       pilih gambar telefon – klik copy – klik paste pada area kepala surat

5.    Pengaturan margin pada microsoft office 2016 dapat menggunakan ukuran atau measurement milimeters, centimeters, inci (inch), points, dan picas. Untuk melakukan pengaturan tersebut menggunakan cara...
a.     Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih advanced – cari Display dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters atau inches/points/picas (pilih sesuai keperluan)
b.    Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih display – cari Display dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters/ atau inches atau points/picas (pilih sesuai keperluan)
c.    Klik file pada tab menu - pilih word options – pada kotak dialog word options pilih advanced – cari Display dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters/ atau inches atau points/picas (pilih sesuai dengan yang diperlukan)
d.     Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih proofing – cari Display dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters atau inches atau points/picas (pilih sesuai dengan yang diperlukan)
e.     Klik file pada tab menu – pilih word options – pada kotak dialog word options pilih proofing – cari Display dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters atau inches/points/picas (pilih sesuai keperluan)

6.       Dalam pengetikan menggunakan microsoft word di indonesia penggunaan ukuran atau measurement yang paling umum adalah ...
a.       milimeters
b.      centimeters
c.       inches
d.      points
e.       picas

7.       Ukuran kertas A4 adalah...
a.       Panjang  x Lebar  : 29,7 cm x 21 cm
b.      Panjang  x Lebar  : 33 cm x 21 cm
c.       Panjang  x Lebar  : 35 cm x 21 cm
d.      Panjang  x Lebar  : 27 cm x 21 cm
e.       Panjang  x Lebar  : 29,5 cm x 21 cm

8.       Pada microsoft word tidak ada ukuran F4 atau folio, maka kita bisa mengaturnya secara manual yaitu...
a.   klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes – pada kotak dialog page set-up pilih tab paper - pada paper sizes isi kolom width  : 21 cm, kolom height : 29 cm – klik ok
b.    klik tab layout – pilih size – klik more sizes – pada kotak dialog page set-up pilih tab paper - pada paper sizes isi kolom width  : 29,7 cm, kolom height : 21,5 cm – klik ok
c.     klik tab layout – pilih size – klik more sizes – pada kotak dialog page set-up pilih tab paper - pada paper sizes isi kolom width  : 21 cm, kolom height : 33 cm – klik ok
d.  klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes – pada kotak dialog page set-up pilih tab paper - pada paper sizes isi kolom width  : 21 cm, kolom height : 29,7 cm – klik ok
e.   klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes – pada kotak dialog page set-up pilih tab paper - pada paper sizes isi kolom width  : 21 cm, kolom height : 35 cm – klik ok

9.      Secara default ukuran margin normal pada area document microsoft word adalah ...
a.       top ; 4 cm, left : 4 cm, bottom : 3 cm, right : 1 cm
b.      top ; 1 cm, left : 4 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
c.       top ; 4 cm, left : 3 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
d.      top ; 3 cm, left : 4 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
e.       top ; 2,54 cm, left : 2,54 cm, bottom : 2,54 cm, right : 2,54 cm



10.    Penulisan tanggal pada surat bahasa inggris (american english) seperti Oktober 22nd, 2017. Penulisan nd pada angka 22 menggunakan...
a.       superscript
b.      subscript
c.       italic
d.      changecast
e.       strikethrough
11.    Perhatikan  soal tabel dibawah ini, untuk menjawab soal nomor 11. 12.13, dan14

Pada tabel diatas yang ditunjukan oleh panah nomor satu adalah memberi warna pada latar tabel dengan cara...
a.      klik kanan pada tabel yang akan diwarnai – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties klik borders and shading – pada kotak dialog borders shading pilih tab shading – pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
b.      klik kanan pada tabel yang akan diwarnai – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties klik borders and shading – pada kotak dialog borders shading pilih tab shading – klik Ok
c.      klik kanan pada tabel yang akan diwarnai – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties klik borders – pada kotak dialog borders shading pilih tab shading – pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
d.     klik kanan pada tabel yang akan diwarnai – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties klik borders and shading – pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
e.      klik kanan pada tabel yang akan diwarnai – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties klik borders and shading – pada kotak dialog borders shading pilih tab shading 

12.   Pada tabel dalam soal nomor 11 yang ditunjukan oleh panah nomor 2 adalah menyatukan 4 kolom, dari kolom No sampai dengan kolom harga barang dengan cara ...
a.      Blok Kolom pada baris kesatu dari No-Nama Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok dan klik merge cell
b.     Blok Kolom pada baris kedua dari No-Nama Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok dan klik merge cell
c.      Blok Kolom pada baris dua dan tiga dari No-Nama Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok dan klik merge cell
d.     Blok Kolom pada baris ketiga dari No-Nama Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok dan klik merge cell
e.      Blok Kolom pada baris satu dam dua dari No-Nama Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok dan klik merge cell

13.   Mengacu pada gambar pada soal nomor 11 tanda panah nomor 3 menunjukan pada garis tabel bagian atas, bagaimana cara membuat garis tersebut supaya beda dengan garis yang lainnya?
a.     Blok kolom baris satu mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab table – klik borders and shading – pilih tab borders – pada pilihan style pilih garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
b.    Blok kolom baris dua mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab table – klik borders and shading – pilih tab borders – klik preview bagian garis atas – klik ok
c.     Blok kolom baris tiga mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih tabel properties  – klik borders and shading – pilih tab borders – pada pilihan style pilih garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
d.    Blok kolom baris empat mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab table – klik borders and shading – pilih tab Page borders – pada pilihan style pilih garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
e.     Blok kolom baris semuanya mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab table – klik borders and shading – pilih tab shading– pada pilihan style pilih garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok

14.   Masih mengacu pada gambar pada nomor sebelas, panah nomor 4 menunjukan penjumlahan cell e2 : e3. Bagaimana rumus untuk menjumlahkan menggunakan formula?
a.     tempatkan cursor pada cell e4 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok
b.     tempatkan cursor pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(right) – klik ok
c.     tempatkan cursor pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(left) – klik ok
d.     tempatkan cursor pada cell e1 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok
e.     tempatkan cursor pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok

15.  Tool equation pada microsoft word di gunakan untuk pengetikan ...
a.       rumus matematika
b.      rumus kimia
c.       rumus fisika
d.      mengatur gambar
e.       menyisipkan simbol


Untuk soal pengolah kata indikator pencapaian kompetensi atau IPK selanjutnya dapat dibuka pada artikel bank soal teknologiperkantoran pengolah kata bagian 2.


1 comment:

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers