Sunday, September 03, 2017

Ketika kita searching atau berkunjung ke online store untuk mencari barang yang kita inginkan, akhirnya menemukan barang yang kita dambakan tersebut. Kita pilih type atau corak atau variasi barang, kemudian melakukan pemesanan barang, langkah selanjutnya menentukan alamat pengiriman sekaligus memilih kurir yang akan digunakan, dan terakhir proses check-out alias melakukan pembayaran, (kalau memiliki kode promo atau voucher discount kita masukan kode tersebut agar bisa mengurangi harga akhir yang harus dibayar). 

Pembayaran sukses! Berarti kita tinggal menunggu barang diantar kurir, namun apa yang terjadi jika beberapa saat atau hari kemudian kita mendapatkan notifikasi “pesanan anda dibatalkan karena stok habis”.


Bagaimana langkah yang harus diambil jika terjadi pembatalan transaksi yang dilakukan sepihak oleh penjual?

Jika terjadi pembatalan transaksi yang dilakukan sepihak oleh seller karena stok barang habis, kita tidak usah panik atau marah kepada pihak penjual. Jujur saja perasaan dongkol atau marah itu pasti ada dan manusiawi, tapi langkah bijak adalah kita menelusuri penyebab pembatalan tersebut dan akhirnya kita cari barang yang sama ditoko lain pada market place yang sama atau kita ambil lagi uang yang sudah dibayarkan. Ada tiga penyebab kasus pembatalan transaksi sebab stok barang habis ketika barang sudah dibayar,  :

1.        Pembeli kurang memperhatikan notifikasi stok barang yang tertera di rincian stok yang terpampang di laman penawaran barang.

Pengalaman saya ketika akan melakukan transaksi belanja online selalu memperhatikan stok yang tertera, dan jangan pernah melakukan pembayaran jika stoknya tinggal 1 atau 2 buah tanpa konfirmasi terlebih dahulu, karena kemungkinan pada saat bersamaan ada pembeli lain yang juga melakukan transaksi pembayaran.

Contoh stok Lazada.co.id

2.     Pembeli tidak menanyakan terlebih dahulu ke pihak seller tentang ketersesdiaan barang yang ditawarkan.

Menurut pengalaman saya pribadi untuk konfirmasi ketersediaan barang yaitu dengan menanyakan langsung kepada penjual karena hampir disetiap toko online ada fasilitas itu. 

Di lazada ada yang namanya live chat dan tanya penjual, di tokopedia ada fasilitas Diskusi dan kirim pesan, di bukalapak ada fasilitas kirim pesan ke penjual, di Blibli ada fasilitas customer care live chat dengan judul “berbincanglah dengan kami”, di shopee ada fasilitas kirim pesan langsung kepada penjual yaitu “chat”, di elevania ada live chat, di JD.id ada live chat, dan lain lain. Pokoknya di setiap toko online ada fasilitas untuk berinteraksi atau tanya jawab antara calon pembeli/pembeli dengan penjual.

Sebenarnya ada beberapa opsi untuk menghubungi pelapak selain pilihan di atas, yaitu via telephon, email atau pesan di Whatsapp, namun yang paling cepat adalah lewat fitur atau fasilitas yang dibahas diatas.


Contoh Diskusi di Tokopedia


3.     Pembatalan karena kesalahan penjual dimana tidak mencantumkan keberadaan stok barang, sehingga pembeli tidak tahu barang ready stock atau tidak.


Menyikapi penjual seperti ini, kita diharapkan menghidarkan diri untuk tidak membeli kepada penjual yang tidak transparan dalam hal stok barang yang dijual-nya.

Apakah Uang Yang Telah Dibayarkan Aman?

Keamanan uang yang dibayarkan pembeli merupakan prirotas utama bagi Platform market place atau mall online besar seperti, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevania, Shopee, Mataharimall, Blanja, dan lain-lain. Keamanan pembayaran merupakan nyawa bagi mereka, mereka kecil kemungkinan bahkan tidak mungkin berbuat curang dalam hal ini karena taruhannya nama besar mereka

Menurut pengalaman saya selama berbelanja online, saya beberapa kali mengalami transaksi yang dibatalkan sepihak oleh penjual. Hal itu terjadi pada awal awal belanja online, tapi kesini nya lagi tidak pernah terjadi lagi, karena selalu menerapkan ketiga hal yang telah dibahas diatas yaitu : 1. Selau memperhatikan stok barang yang tertera, 2. Selalu bertanya dulu tentang stok barang kepada langsung kepada penjual, 3. Tidak pernah membeli dari seller atau penjual yang tidak mencantumkan stok barang dengan jelas.


Platform toko online dalam menjaga keamanan uang konsumennya, mereka bekerjasama dengan bank ternama dengan menyediakan rekening bersama atau dikenal dengan rekber. Uang yang dibayarkan pembeli atau konsumen masuk ke rekening bersama ini, dan baru dibayarkan kepada seller atau penjual pada saat barang sudah tiba di tangan konsumen tanpa klaim. 

Tanpa klaim artinya barang yang diterima konsumen benar benar barang sesuai pesanan, dan apabila barang tidak sesuai pesanan atau cacat, pembeli dapat mengembalikannya. Dalam hal ini uang masih ditahan pihak marketplace dan baru dicairkan atas persetujuan konsumen.

Transaksi yang dibatalkan uangnya bisa ditarik kembali ke rekening pembeli dengan mengajukan pengembalian dana, bisa juga disimpan dulu di rakening markrtplace dan dapat kita gunakan kembali pada saat kita membayar pesanan baru. Dalam hal dikembalikan ke rekening pembeli, hal tersebut sangat mudah kita tinggal mengajukan penarikan dana, kemudian memasukan nomor rekening tempat menerima pengembalian dana. 

Waktu yang diperlukan dalam proses pengembalian dana bisa dalam hitungan jam atau hari tergantung toko nya dan rekening yang kita gunakan. Menurut pengalaman saya, proses pengembalian dana atau refund ini hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Kita tinggal duduk manis sambil menunggu proses pengembalian dana, dan mengecek apakah dana sudah masuk ke rekening atau belum.

Bagaimana kalau kita tidak melakukan apa-apa apakah uang aman?

Dalam hal terjadi pembatalan transaksi, uang yang telah dibayarkan akan tetap aman walaupun si pembeli tidak melakukan apa-apa atau tidak melakukan klaim. Uang yang sudah dibayarkan atau masuk ke rekening bersama toko online akan dengan otomatis disimpan. Disimpannya dimana?

TOKOPEDIA
Di tokopedia ada fasilitas yang namanya saldo dan toko cash, apabila pembeli tidak melakukan klaim, uang yang sudah dibayarkan akan otomatis masuk ke saldo. Dari saldo ini bisa ditarik langsung ke rekening, bisa juga dibelanjakan kapan pun atau dipindahkan untuk disimpan di toko cash.

O ya untuk transaksi menggunakan toko-cash sering ada promo cashback yang nilainya lumayan besar maksimal cashback Rp200.000,-.


LAZADA
Di lazada ada Voucher Store Credit, yaitu fasilitas penyimpanan uang sementara sebelum diklaim pengembalian ke rekening pembeli. Apabila pembeli dalam batas waktu yang telah ditentukan tidak melakukan klaim refund, maka uang yang sudah dibayarkan akan otomatis menjadi voucher yang memiliki masa berlaku 1 tahun dan dapat digunakan melakukan pembayaran senilai voucher tersebut.

Hebat nya di lazada apabila ada pembatalan transaksi pembeli akan menerima ganti rugi berupa voucher belanja senilai Rp50.000,- yang memiliki masa berlaku 1 bulan sejak voucher tersebut diterbitkan.

Jadi kalau kita belanja sejumlah Rp200.000,- kemudian dibatalkan sepihak oleh lazada, maka biasanya akan diberikan voucher ganti rugi senilai Rp50.000,-. Jadi kita memiliki uang yang bisa dibelanjakan senilai Rp250.000,-. Voucher ini mungkin diberikan sebagai kompensansi terhapadap pengorbanan kita menunggu barang tiba, yang ternyata gagal tiba karena dibatalkan sepihak oleh pihak penjual.


Contoh voucher store credit yang setiap saat dapat di kembalikan ke rekening pembeli dengan menekan tombol Refund Form dan selanjutnya mengisi form penarikan dana.


SHOPEE
Shopee memiliki fasilitas shopee pay. Uang dari transaksi yang dibatalkan sepihak oleh penjual, kalau pembeli tidak melakukan klaim maka dengan otomatis masuk kesini, pembeli bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran untuk pembelian selanjutnya. O ya di shoppee pay sedang ada promo diskon 10 persen untuk pembayaran dengan shopee pay.


BUKALAPAK
Bukalapak memiliki fasilitas pundi-pundi uang yang namanya buka-dompet. Pembeli yang tidak mengajukan klaim pengembalian dana atas transaksi yang dibatalkan sepihak oleh penjual, maka uang dari transaksi tersebut akan masuk secara otomatis ke buka-dompet dan bisa digunakan untuk pembayaran transaksi selanjutnya.



Bagaimana cara mengembalikan dana yang sudah dibayarkan?

Untuk lebih jelas lagi bagaimana langkah langkah pengembalian dana, berikut contoh yang pernah saya lakukan dalam pengembalian dana pada saat transaksi dibatalkan oleh pihak penjual. untuk lebih jelasnya ada di artikel Refund Belanja Online, pengembalian dana yang dibatalkan sepihak.



0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers