Wednesday, September 06, 2017

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran baru di kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Kenapa dikatakan baru? Dikatakan baru karena sebelumnya pada awal kurikulum 2013 diberlakukan pada tahun 2013, mata pelajaran IPA dihilangkan dari struktur kurikulum Administrasi Perkantoran atau lebih tepatnya mata pelajaran IPA dihilangkan dari bidang keahlian bisnis manajemen. Kalau kita menengok ke belakang pada kurikulum 2006 atau juga dikenal sebagai Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan mata pelajaran IPA ada pada kelompok Mata pelajaran Adaftif, sementara pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 mata pelajaran masuk kelompok mata pelajaran dasar bidang keahlian bisnis manajemen atau C1. Dasar pemikiran kenapa mata pealajaran IPA harus selalu ada di setiap kompetensi keahlian katanya karena Ilmu pengetahuan alam tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari semua orang.


Muatan yang ada pada Materi IPA yang ada di kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran kalau di amati dengan seksama sebenarnya mirip seperti pada mata pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan  Lingkungan Hidup (K3LH) pada kurikulum KTSP.  Mari kita amati sebagian KD mapel IPA ini, antara lain : KD. 4.5. Memberikan solusi  upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja, KD. 3.7     Menganalisis polusi di lingkungan sekitar, KD. 4.7. Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, KD. 3.9. Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja, KD. 4.9. Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja.

KI/KD IPA  yang ada pada artikel ini berasal dari KI/KD Mapel IPA Kurikulum 2013 Edisi 2017 yang terbit tanggal 9 Juni 2017 yang disyahkan oleh Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah KEMDIKBUD dengan Nomor : 30/D.D5/KEP/KR/2017.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diajarkan di kelas X dengan alokasi waktu 2 Jam Pertemuan per minggu. Dalam KI/KD Mata pelajaran IPA ini terdapat 9 Kompetensi Dasar untuk diajarkan selama 2 semester dikelas X Bidang keahlian Bisnis Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan.  

Untuk silabus IPA dapat di buka pada tautan Silabus IPA bidang keahlian bisnis manajemen SMK.
Mata Pelajaran     : I P A

Jam Pelajaran      : 72 JP (@ 45 Menit)




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami gejala alam biotik dan abiotik
4.1     Melakukan klasifikasi  gejala alam biotik dan abiotik
3.2     Menerapkan mitigasi bencana alam
4.2     Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di
lingkungan sekitar
3.3     Menganalisis materi dan perubahannya
4.3     Melakukan percobaan perubahan materi.
3.4     Memahami komponen- komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
4.4   Melakukan klasifikasi
komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
3.5     Menganalisis keseimbangan lingkungan
4.5   Memberikan solusi  upaya
dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja
3.6     Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
4.6   Melakukan penanganan
limbah di lingkungan sekitar
3.7     Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
4.7     Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan
manusia dan lingkungan
3.8   Mengevaluasi AMDAL
4.8   Membuat laporan hasil
evaluasi AMDAL pada
lingkungan sekitar
3.9     Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
4.9   Melakukan pencegahan
bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
Pada artikel ini sengaja kompetensi inti nya dipisah karena kompetensi inti mata pelajaran kelompok C1 yang terdiri dari mata pelajaran Ekonomi bisnis, Simulasi dan komunikasi digital, administrasi umum, dan IPA semuanya sama seperti dibawah ini.



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian                  : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian                : Bisnis dan Pemasaran

Kompetensi Keahlian           : Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran (C1)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.




KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,



KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Semoga artikel ini bermanpaat.

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers