Monday, April 02, 2018

Memilih kursi kantor yang tepat, elegan, dan berkualitas adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Banyak merk kursi kantor yang beredar di pasaran dengan kualitas yang setara namun harga yang berbeda. Kalau jumlah kursi yang dibutuhkan Cuma satu buah mungkin masalah harga tidak menjadi unsur pertimbangan utama, namun apabila yang diperlukan dalam volume banyak maka unsur budget yang tersedia harus benar-benar diperhitungkan.


Kursi kantor harus benar-benar memenuhi unsur ergonomi karena dipakai dalam jangka waktu yang panjang dimana keberadaaan seorang karyawan untuk bekerja dikantor rata-rata selama kurang lebih 8 jam per hari.

Dalam artikel ini akan barbagi pengalaman menggunakan kursi kantor merk Ardent. Kursi Ardent di produksi oleh Ardent Office Furniture yang memiliki motto Urban Office Conceft yang berkantor pusat di Singapura dan memiliki pabrik dan pergudangan di Surabaya.


Spesifikasi Kursi Kantor Ardent Office Furniture 5101 B

Berikut adalah spesifikasi dari kursi AOF 5101 B :
·         Merk : Ardent Office Furniture (AOF)
·         Model : 5101 B
·         Seri : Low Back Secretary Mesh Chair
·         Sandaran punggung : menggunakan kain Mesh (kain jaring)
·         Kaki kursi : Nylon dengan sertifikasi BIFMA
·         Dudukan kursi : Busa cetak
·         Dimensi : 58 Cm X 32 Cm X 58 Cm
·         Berat Bersih/Berat Kotor : 11 Kg / 12 Kg


Cara Merakit Kursi Ardent Office Furniture 5101 B

Kursi kantor AOF 5101 B dijual di Bukalapak dan Lazada dengan harga awal Rp795.000,- dan free ongkos kirim ke Jawa dan Bali. Pada bulan Maret 2018 mengalami kenaikan harga sebesar Rp100.000,- sehingga harga jual menjadi Rp895.000,-.

Kursi kantor Merk AOF 5101B dikirim dalam kotak/duz dalam bentuk terurai, sehingga apabila akan digunakan pertama kali harus dirakit terlebih dahulu.

Proses perakitan atau pemasangan kursi ardent dengan model AOF 5101 B berdasarkan pengalaman penulis memerlukan waktu tidak lebih dari 20 menit. Perakitan sangat mudah karena dapat mengikuti lembar petunjuk perakitan yang jelas dan simple.

Perakitan kursi AOF 5101B nampaknya bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus melalui pelatihan khusus. Yang terpenting adalah bisa memasang baut yang tersedia di dalam paket kursi dan dapat mengencangkan baut tersebut dengan baik, dan tepat.

Apa yang ada dalam kotak atau kemasan?

Dalam kemasan berisi satu unit kursi terurai yang terdiri dari beberapa bagian (part) antara lain :
1.        Foot base/Kaki kursi berbentuk bintang lima dan 5 buah roda tancap nylon
2.        Hidrolic/Gaslift dan telescope atau Tiang kursi dan selongsong/cover
3.        Mekanik
4.        Dudukan kursi
5.        Armrest kursi kantor (sandaran tangan terdiri dari sepasang yaitu kiri dan kanan)
6.        Sandaran punggung kursi kantor
7.        14 buah Baut (dengan rincian sebagai berikut : 4 Buah baut untuk memasang mekanik ke dudukan kursi, 4 buah baut digunakan untuk memasang sandaran punggung yang dipasang pada dudukan kursi, dan 6 buah baut digunakan untuk memasang armrest kiri dan kanan yang dipasang pada dudukan kursi.



8.        Lembar petunjuk perakitan dan kunci L (Hexagonal Wrench) untuk memasang dan mengencangkan baut.




Menguji kinerja dan Kualitas Kursi AOF 5101 B

Berdasarkan tesimoni dari pembeli terverifikasi di situs Lazada.co.id, semua pembeli dari kursi AOF 5101 B memberi ulasan positif. Namun tentunya ulasan tersebut harus dibuktikan kebenarannya.

Setelah merakit selesai maka tiba waktunya mencoba duduk dikursi Ardent model/seri AOF 5101 tersebut, pengujian sederhana dilakukan sebagai berikut :
1.        Dudukan kursi (menguji dudukan kursi)
Busa yang menjadi dudukan kursi terasa tidak lembek dan tidak keras, sehingga terasa nyaman ketika duduk.
Toleransi berat badan yang duduk dikursi ini adalah 90 Kg.



2.        Memutar kursi (menguji mekanik)
Duduk dikursi dengan bergerak memutar terasa stabil dan terasa hening tidak mengeluarkan derit.

3.        Maju mundur dan bergerak kesana kemari (menguji roda)
Duduk dikursi dengan bergerak kedepan, kebelakang atau kesamping atau bergerak sesuai dengan yang diinginkan, roda nylon yang menopang kaki kursi tidak mengeluarkan suara yang mengganggu. Bunyi yang keluar terdengar wajar, stabil dan cenderung hening.



4.        Lengan kursi/armrest atau sandaran tangan
Amrest kursi yang terbuat dari bahan nylon nampak kokoh walau tebuat dari plastik nylon. Kemudian bila berbicara ergonomi, maka ketika tangan di letakan di lengan kursi terasa pas (terasa rileks dan stabil)



5.        Tilt mekanik kursi
Posisi tilt mekanik kursi memungkinkan orang yang duduk mengatur kursi pada posisi :
a.       Lock ( tilt dalam keadaan terkunci sehingga duduk terasa kokoh dan stabil)
b.      Free ( tilt dalam kondisi tidak terkunci)
c.       Up or down (tilt dapat di setel pada posisi up or down yang memungkinkan duduk dalam posisi berayun)
6.       Sandaran kursi
Sandaran kursi yang terbuat dari besi yang dilapisi dengan kain jaring atau kain mesh ketika peunggung disandarkan terasa empuk dan tidak terasa gerah ketika duduk dalam jangka waktu lama. 

Secara umum kursi ini layak dan bagus digunakan untuk kursi kerja dirumah, dikantor, atau di laboratorium. Dengan harga yang bisa dikatakan wajar, dimana tidak bisa dikatakan murah maupun mahal. Menurut penilaian pribadi penulis harga kursi ini ada pada kisaran harga pertengahan atau mid level price. Sementara kualitas AOF 5101B sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Sementara berbicara kekurangan dari kursi Ardent seri 5101B mungkin terletak pada kaki kursi yang terbuat dari nylon, hal ini berbeda dengan saudaranya kursi Ardent seri 5101A yang memiliki kaki terbuat dari alumunium. Namun jangan khawatir kaki kursi yang terbuat dari nylon memiliki kekuatan yang sebanding atau setara dengan yang terbuat dari alumunium maupun stainless steel.

Hal lainnya adalah baut yang digunakan untuk memasang atau merakit kursi ini memiliki ukuran yang relatif besar dan tampak kokoh sehingga menghasilkan kursi yang kokoh pula.

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers